Perangkatdesa

Perangkatdesa

Minggu, 29 Desember 2013

VISI DAN MISI DESA CILILIN

VISI & MISI DESA CILILIN

VISI:

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Cililin ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Cililin seperti pemerintah Desa, BPD dan Tokoh Masyarakat .Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan. .Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Cililin adalah:

ASPIRATIF, SEJAHTERA,RASIONAL,INOVATIF (ASRI )”

ASPIRATIF:
mengandung makna sikap menghargai harapan, keinginan dan cita-cita.Sikap ini selalu menjadi pegangan dalam menjalankan roda pemerintahan Desa. Pemerintah yang aspiratif akan berusaha menjauhkan arogansi dalam kekuasaan dan mengedepankan harapan, keinginan, kebutuhan dan cita-cita masyarakat yang dipimpinnya serta sekaligus yang dilayaninya. Intinya adalah memihak pada kebutuhan dan suara rakyat. Suara masyarakat dalam pengertian luas menjadi acuan utama dalam pengambilan keputusan di bawah payung hukum yang ada. Suara masyarakat secara umum maupun melalui keterwakilannya di BPD selalu akan diupayakan menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan pemerintah desa.Dengan demikian aspiratif akan menjadi fondasi juga dalam mengabdi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

SEJAHTERA:
mengandung makna makmur, terlepas dari segala macam kesulitan.
Sejahtera adalah kondisi harapan kita semua. Indikator riilnya adalah meningkatnya kualitas kehidupan dan tercukupinya kebutuhan dasar pokok masyarakat, seperti: sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan dan tersedianya lapangan kerja sesuai dengan visi Bandung Barat Cermat.

RASIONAL:
Mengandung pengertian di dalam melaksanakan pembangunan haruslah disesuaikan dengan realitas yang ada termasuk didalamnya pemanfaatan potensi lokal dan kemampuan sumber daya serta harus memiliki indikator capaian kinerja yang terukur.

INOVATIF:
Mewujudkan kemandirian masyarakat pedesaan agar mampu mendayagunakan dan mengoptimalkan potensi sumber daya ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat.



MISI :

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, ditetapkanlah 6 (enam) misi pembangunan Desa Cililin Tahun 2013-2018 sebagai berikut :
  1. Menyusun rencana pembangunan yang aspiratif , rasional,transfaran serta berkeadilan berdasarkan skala prioritas ;
  2. Pemberdayaan Kelembagaan dan masyarakat termasuk pemberdayaan wanita guna mendorong perkembangnan dan kemajuan masyarakat;
  3. Pemberdayaan Kelembagaan dan masyarakat termasuk pemberdayaan wanita guna mendorong perkembangnan dan kemajuan masyarakat;
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya lembaga dan masyarakat dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia ; 
  5. Meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat serta pelayanan informasi perencaan Desa;
  6. Pembinaan dan pembenahan Pemerintah dan kelembagaan Desa.

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN DESA
  1. Meningkatkan fungsi dan keprofesionalan aparat dan lembaga desa dalam melayani masyarakat;
  2. Menata kembali hubungan kemitraan yang saling menunjang dan menguntungkan;
  3. Memantapkan fungsi, dan peran lembaga keagamaan,meningkatkan kualitas warga;
  4. Memberdayakan sumber potensi desa menuju  desa mandiri;
  5. Meningkatkan kualitas peranan PKK.

SASARAN

Sasaran adalah target atau hasil yang diharapkan dari suatu program atau keluaran yang diharapkan dari suatu kegiatan.

Berdasarkan rumusan Visi dan Misi yang mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2009-2014, dan selaras dengan RPJMD Provinsi Jawa Barat 2013-2018, serta mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Bandung Barat Tahun 2007-2025, RPJMD Kabupaten Bandung Barat 2013-218 maka tujuan dan sasaran pembangunan desa untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan 5 (lima) tahun ke depan.

0 komentar:

Posting Komentar